tag:blogger.com,1999:blog-27115885445470199762024-02-20T05:23:41.879-08:00KAWASAN TEKNOLOGI PENDIDIKANRiski's Bloghttp://www.blogger.com/profile/02676021369642055202noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-2711588544547019976.post-71232753590924783182011-11-07T03:37:00.000-08:002011-11-07T03:37:51.287-08:00<span class="Apple-style-span" style="background-color: black; line-height: 24px;"><b><i><span class="Apple-style-span" style="color: white; font-family: 'Courier New', Courier, monospace; font-size: large;"><span class="fullpost"><span style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-image: initial; background-origin: initial;">Nah, masuk ke dalam kawasan TP, kawasan TP menurut buku yang aku baca dan pelajari pada semester satu perkuliahan kemaren ada lima, yaitu : </span></span><span style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-image: initial; background-origin: initial;"><br />
<span class="fullpost">1. Desain</span><br />
<span class="fullpost">2. Pengembangan</span><br />
<span class="fullpost">3. Pemanfaatan</span><br />
<span class="fullpost">4. Pengelolaan, dan </span><br />
<span class="fullpost">5. Penilaian atau Evaluasi</span><br />
<br />
<span class="fullpost">Nah, kelima kawasan TP di atas itu diambil dari definisi Tp pada tahun 1994. Nah, ngomong2 soal TP, berarti ngomong soal BELAJAR. So, menurut enyong-e ya, klo mahasiswa TP gak bisa belajar,males belajar, atau sulit belajar itu namanya bukan mahasiswa TP. Karena pada dasarnya TP itu berhubungan erat dengan yang namanya belajar serta segala hal yang berhubungan dengan BELAJAR itu sendiri, baik itu lingkungan, fasilitas atau pun individu itu sendiri. </span><br />
<br />
<span class="fullpost">1. Kembali lagi ke kawasan TP. Kawasan TP yang pertama yaitu Desain, dalam kawasan yang pertama ini dalam buku yang aku pelajari pula, desain mempunyai empat sub kategori, yaitu ; </span><br />
<br />
<span class="fullpost">· Desain Sistem Pembelajaran</span><br />
<span class="fullpost">· Desain Pesan</span><br />
<span class="fullpost">· Strategi Pembelajaran, dan </span><br />
<span class="fullpost">· Karateristik Pebelajar</span><br />
<br />
<span class="fullpost">Untuk masing2 sub kategori pada masing2 kawasan disini aku tulis pengertianya saja, untuk penjabaranya silahkan sobat2 jabarkan sendiri. </span><br />
<br />
<span class="fullpost">- Desain Sistem Pembelajaran : adalah prosedur yang terorganisir yang meliputi langkah-langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran.</span><br />
<span class="fullpost">- Desain Pesan, meliputi “perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan” (Grabowski, 1992 :206), yang mencakup prinsip perhatian, persepsi dan daya serap yang mengatur penjabaran bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima. </span><br />
<span class="fullpost">- Strategi pembelajaran : adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta menguratkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran. </span><br />
<span class="fullpost">- Karakteristik Pebelajar : adalah segi-segi latar belakang pengalaman pebelajar yang berpengaruh terhadap efektifitas proses belajarnya. </span><br />
<br />
<span class="fullpost">2. Kawasan Pengembangan </span><br />
<span class="fullpost">Pengembangan sendiri mempunyai arti proses penterjemahan spesifik desain ke dalam bentuk fisik. Kawasan kedua ini meliputi empat sub kategori, yaitu : </span><br />
<span class="fullpost">- Teknologi Cetak : adalah cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan, seperti buku-buku dan bahan-bahan visual yang statis, terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografi. </span><br />
<span class="fullpost">- Teknologi Audiovisual : merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyampaikan pesan-pesan audio dan visual. </span><br />
<span class="fullpost">- Teknologi Berbasis Komputer : merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikro prosesor. </span><br />
<span class="fullpost">- Teknologi Terpadu : meruapak cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. </span><br />
<br />
<span class="fullpost">3. Kawasan Pemanfaatan</span><br />
<span class="fullpost">Ini merupakan kawasan TP yang tertua di antara kawasan-kawasan yang lain, begitu yang tertulis dalam buku yang aku pelajari, dan untuk lebih mendalam maksudnya apa, silahkan baca sendiri bukunya, nanti bisa aku pinjemin dah. Kawasan ketiga ini mempunyai empat sub kategori, yaitu : </span><br />
<span class="fullpost">- Pemanfaatan Media : ialah penggunaan yang sistematis dari sumber untuk belajar. </span><br />
<span class="fullpost">- Difusi Inovasi : adalah proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi. </span><br />
<span class="fullpost">- Implementasi dan Institusionalisasi : ialah, penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan bersimulasikan). Sedangkan pelembagaan ialah penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi. </span><br />
<span class="fullpost">- Kebijakan dan Regulasi : adalah aturan dan tindakan dari masyarakat (atau wakilnya) yang mempengaruhi difusi atau penyebaran dan penggunaan Teknologi Pembelajaran/Pendidikan. </span><br />
<br />
<span class="fullpost">4. Kawasan Pengelolaan </span><br />
<span class="fullpost">Ini merupakan bagian integral dalam bidang teknologi pembelajaran dan dari peran kebanyakan para teknolog pembelajaran. Adapun kawasan pengelolaan ini dibagi menjadi empat sub kategori, yaitu : </span><br />
<span class="fullpost">- Pengelolaan Proyek : meliputi Perencanaan, monitoring dan pengendalian proyek desain dan pengembangan.</span><br />
<span class="fullpost">- Pengelolaan Sumber : menckup perencanaan, pemantauan dan pengendalian sistem pendukung dan pelayanan sumber. </span><br />
<span class="fullpost">- Pengelolaan Sistem Penyampainan : meliputi perencanaan, pemantauan, pengendalian. “cara bagaimana distribusi bahan pembelajaran diorganisasikan” hal tersebut merupakan suatu gabungan medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan informasi pembelajaran kepada pebelajar. </span><br />
<span class="fullpost">- Pengelolaan Informasi : meliputi penrencanaan, pemantauan dan pengendalian cara penyampaian, pengirirman/pemindahan atau pemprosesan informasi dalam rangkan tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.</span><br />
<br />
<span class="fullpost">5. Kawasan Penilaian</span><br />
<span class="fullpost">Penilaian dalam arti luas adalah kegiatan manusia sehari-hari. Penilaian disini dapan mengunakan alat ukur tertentu yang sesuai dengan masing2 yang akan dinilai. Kawasan penilaian mempunyai sub kategori empat, yaitu : </span><br />
<span class="fullpost">- Analiss Masalah : mencakup cara pnentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan. </span><br />
<span class="fullpost">- Pengukuran Beracukan Patokan : ini biasa disebut juga dengan PAP (Pengukuran Acuan Patokan), meliputi teknik-teknik untuk menentukan kemampuan pebelajar menguasai materi yang telah ditentukan sebelumnya. </span><br />
<span class="fullpost">- Penilain Formatif : ini berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai dasar pengembangan selanjutnya. </span><br />
<span class="fullpost">- Penilaian Sumatif : berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan untuk pengambilan keputusan dalam hal pemanfaatan. </span><br />
<br />
<span class="fullpost">Yah, itulah sedikit ilmu yang bisa aku ikat dalam blog ini, Yah, kan katanya “iktalah ilmu dengan menuliskanya” dan aku udah menuliskanya berarti aku udah mengikat ilmu yang aku dapat dulu waktu semester satu, dan semoga ilmu ini gak akan kabur kemana2, tapi justru bermanfaat bagi semuanya ajah, amien. </span><br />
<span class="fullpost">Dan yang terakhir, soal pekerjaan, jangan takut gak dapat pekerjaan karen lo sobat semau gak dapat pekerjaan, lebih baik mari kita buat lapangan pekerjaan, dan kita kerja sama baru menyiptakan syair pekerjaan yang indah, dengan aransemen kita sendiri, dan kita bisa menyanyikan kapan pun tanpa takut kita untuk kehilangan lirik lagu-lagu itu. So, Let’s create a song and sing it guys !!! let sing together !!!</span><br />
<br />
<span class="apple-style-span">Sumber tulisan : Teknologi Pembelajaran : definisi kawasanya, yang ditulis oleh Barbara B. Seels dan Rita C. Richey</span></span></span></i></b></span>Riski's Bloghttp://www.blogger.com/profile/02676021369642055202noreply@blogger.com0